Apakah Persahabatan Hanya Sementara?

Kamis, 11 April 2024 0 Comments

 


Ketika persahabatan hanya sementara, mungkinkah dapat bertahan selamanya? Mungkin, karena persahabatan memiliki ikatan tak kasat mata. Hanya bisa dirasakan oleh yang memiliki. Mengerti tanpa saling bicara. Memakan makanan yang kita simpan tanpa izin. Membela kita ketika tak ada yang membela pun. Memberitahukan kesalahan-kesalahan kita, tapi dibelakang ia berbicara hal baik tentang kita. Meski tak selalu bersama, tapi kita tetap selaras.

 

Image by freepik


Di Saat Sendiri

Saat kita sendiri, ia datang menghampiri. Kemudian bertanya mengenai hal-hal tentang kita. Lalu tanpa disadari, tiba-tiba menjadi begitu dekat. Bukan dalam arti fisik, melainkan ada sesuatu yang tak terlihat. Membuat kita nyaman kalau sedang bersamanya. Ia begitu menyenangkan dan terkadang menyebalkan. Ia membantu kita keluar dari kesendirian.

 


Kebersamaan Sampai Kapanpun

Saat bersama rasanya begitu menyenangkan. Mungkin lupa waktu karena bermain game atau mengobrol. Bersama kita mampu melewatinya. Ketika ujian pun, kita bersama-sama untuk jujur tidak menyontek disaat yang lain begitu. Walau bersama, kita tetap mandiri, berusaha sendiri. Bersama dalam kebaikan, menjauhi keburukan. Terkadang kita lupa waktu saat bersama. Bersama selamanya, bukan dalam arti fisik melainkan sesuatu yang hanya bisa dirasakan oleh hati dan pikiran.




Berbeda Tapi Membela

Ketika kita memiliki perbedaan, kita tetap menyatu. Saat kita dijauhi teman-teman karena berbuat salah. Engkau justru memotivasi dan memberikan solusi. Engkau membela disaat tak ada yang membela. Memberikan kepercayaan penuh tanpa ragu. Engkau berbicara panjang lebar, bahkan rahasiamu engkau katakan. Sungguh engkau tak melihat perbedaan.

 



Suka Membantu

Engkau selalu membantu, bahkan ketika tak diminta sekalipun. Membantu disaat susah, disaat kita kadang mengeluh. Disaat tidak ada lagi teman yang ingin membantu. Disaat kita menganggap, ini hanya masalah kita sendiri. Padahal engkau siap membantu, engkau siap melakukan hal yang membuat kita senang dan menghilangkan rasa susah yang tadi kita rasakan.

 



Enggan Membiarkan Kita Menunggu

Tentu teman sejati ialah teman yang tidak akan membiarkan menunggu. Menunggu dalam hal jawaban chat, atau ketika kita sedang ingin bicara dengannya. Menunggu dalam hal apapun. Teman yang baik tidak akan menjadikan kita berlama-lama untuk menunggu, karena ia tahu bahwa menunggu itu tidak menyenangkan.

"Seseorang yang benar-benar menyayangi, tidak akan membiarkan kita menunggu - meskipun dia tahu kita bersedia saja menunggu." Tere Liye




Dapat Dipercayai

Rahasia kita aman bersamanya. Ia dapat dipercayai dan ia juga percaya sepenuhnya pada kita. Rasa saling percaya ini merupakan sesuatu yang penting. Ada teman yang jika kita berikan rahasia kita padanya, ia malah memberitahu rahasia kita kepada yang lain. Ada teman yang membicarakan hal buruk dibelakang kita. Nah, teman yang baik ialah teman yang bisa dipercayai dan bisa menjaga rahasia.




Jalan Berbeda

Ketika matahari terbenam, kita berjalan bersama menuju panggilan-Nya. Bersama selalu begitu menyenangkan. Mungkinkah ini persahabatan? Saat langkah terayun beriringan. Inilah saat dimana angin berhembus. Bintang mulai bermunculan, sayang bulan tertutup awan. Memori menjadi sebuah arsip manis. Kita melewati arus yang begitu deras, dan kini telah membawa kita menjauh. Waktu membuat pilihan dan jalan kita berbeda. Mungkin itulah alasan kenapa kita berpisah.


Tulisan ini telah diterbitkan di Hipwee.com


Jika ada kritik, saran, pertanyaan dapat dikirimkan melalui email aldirahman108@gmail.com.

0 Comments:

Posting Komentar

Tolong menggunakan bahasa yang baku dan tanpa singkatan, terima kasih.

 

©Copyright 2011 Suka Narasi | TNB