7 Hal yang Akan Kamu Bayangkan Ketika Kuliah

Minggu, 14 April 2024 0 Comments

 

Image by Sam Jotham Sutharson from Pixabay

Kuliah merupakan masa-masa di mana kita akan mengalami hal-hal menarik sekaligus akan membuat kita berpikir dan merenungi arti kehidupan. Terkadang kita berkuliah bisa jadi karena keberuntungan. Kesempatan menjadi mahasiswa ini perlu dimanfaatkan dan dimaksimalkan sebaik mungkin.


Belajar di kelas bersama-sama teman, menyimak apa yang disampaikan dosen, hingga pulang kembali ke kamar. Tentu tidak hanya kegiatan rutinitas itu yang akan dilakukan. Hal-hal ini yang bisa jadi kamu bayangkan saat kuliah.


1. Bagaimana Rasanya Hidup Mandiri?


Kita takut membayangkan apa yang akan terjadi ketika hidup sendirian di kota lain. Mandiri dan tanggungjawab yang akan menguatkan dan mengubah karakter kita dalam mengarungi luasnya lautan kehidupan. Mengubah kita menjadi lebih tangguh.


Kita dapat menyeleksi apa yang baik dan tidak bagi hidup kita. Mandiri membutuhkan kekuatan dari jiwa dan raga. Jangan sampai kita terus-menerus terjebak pada kenyaman semu. Segera tinggalkan kenyamanan, sebab inilah momentum untuk lakukan perubahan.


2. Kehidupan yang Lebih Bebas


Dengan jam pelajaran yang tidak full hari itu, terkadang satu hari hanya satu mata kuliah. Hal ini akan membuat kita merasa lebih bebas. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan waktu yang melimpah. Walau kenyataannya kita seringkali menghabiskan waktu dengan percuma. Kita bisa mencari tahu apa yang menjadi kelebihan kita, dan mengasahnya.


3. Apakah Pelajarannya Susah?


Kita berpikir, apakah pelajaran yang ada lebih sulit daripada sewaktu SMA? Apakah kita bisa mendapat nilai A? Apakah Indeks Prestasi kita nilainya akan tinggi? Kita tidak perlu terlalu memikirkan semuanya. Cukup berusaha semampu dan semaksimal kita, belajar dengan sungguh-sungguh. Niscaya nilai ikut bersama dengan keinginan kita, meskipun ada faktor-faktor lain juga. Jadi perlu untuk tidak meremehkan hal-hal yang nantinya akan menjadi penghalang kedepannya.


4. Ingin Bergabung di Organisasi


Bergabung dengan organisasi untuk dapatkan pengalaman, relasi, softskill dan pembelajaran. Organisasi untuk terlihat lebih keren, padahal tugas yang dibebankan tak jarang bisa mengganggu tugas kuliah. Ketika kita tidak bisa membagi waktu dengan baik, pertimbangkan apakah memang benar kita ingin bergabung dengan organisasi? Maka perhatikan niat dan tujuan kita saat bergabung dengan organisasi yang demikian. Apakah memang selaras dengan tujuan kita kedepannya.


5. Bagaimana Cara Mendapatkan Uang?


Kita bisa bekerja pada lembaga tempat kita berkuliah yang membuka lowongan kerja. Contohnya kita dapat bekerja seperti Student Employee (SE) yang terdapat pada unit lembaga yang sesuai dengan jurusan kita, atau membantu dosen kita. Tentunya untuk itu kita butuhkan persiapan. Kita juga bisa menulis, mengikuti lomba dan sebagainya. Tapi semuanya jelas wajibkan usaha pantang menyerah.


6. Skripsi Bukan Beban, Tapi Kewajiban


Banyak mahasiswa yang kesulitan menghadapi skripsi. Sebenarnya skripsi membutuhkan kemandirian, dan upaya ekstra untuk menyelesaikannya. Bukankah skripsi memiliki bobot setara dua mata kuliah? Untuk menuntaskan skripsi dibutuhkan inisiatif dan perjuangan. Ingatkan diri untuk selesaikan kuliah secepatnya agar tak jadi beban orangtua, kecuali kalau kita memang ingin membayar uang kuliah sendiri. Jadi mencicil skripsi setiap hari, setiap hari mengharuskan adanya kemajuan sekecil apapun.


7. Memikirkan Apa yang Akan Dilakukan Setelah Lulus Kuliah


Baik bekerja ataupun melanjutkan studi, semua keputusan itu kamu yang menentukan. Pilihan hidupmu ada di tanganmu. Masing-masing pilihan akan melahirkan konsekuensi, baik negatif maupun positif. Melanjutkan studi akan menjadikan akan kita lebih ahli. Sementara bekerja menjadikan kita profesional. Seluruhnya bergantung pada kesungguhan dan kemauan kita.


Terima kasih sudah membaca. Jika ada kritik, saran, pertanyaan dapat dikirimkan melalui email aldirahman108@gmail.com

0 Comments:

Posting Komentar

Tolong menggunakan bahasa yang baku dan tanpa singkatan, terima kasih.

 

©Copyright 2011 Suka Narasi | TNB