Bagaimana Tips Menjadi Anak Kantoran yang Cermat?

Rabu, 03 Juli 2024 0 Comments

 


Buku Anak Kantoran: Perjalanan Memaknai Hidup Dewasa Muda di Dunia Kerja. Penulis bukunya ialah Samuel Ray @srl789 seorang HR dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di beragam perusahaan multinasional. Untuk bukunya saya beli ini di Gramedia Official Store yang ada di Tokopedia. Dia punya podcast Samuel & Claudya yang ada di Youtube dan Spotify membahas tentang karir, keuangan, adulting, keluarga dan cara agar bisa finansial independen lewat jalur karyawan.


Buku ini diterbitkan Gramedia Pustaka Utama 2023, dan ini cetakan keduanya. Banyak hal dalam buku ini yang saya setujui, karena memang betul terjadi di dunia kantoran. Jadi tulisannya dalam sudut pandang HRD yang mana ia mampu melihat bagaimana cara agar karyawan lain mampu untuk berkembang.


Saya suka yang dikatakannnya bahwa kita mesti tahu niat orang lain saat bekerja. Karena setiap orang saat bekerja punya visi dan tujuan yang kadang saling berbeda. Sehingga adanya benturan kepentingan disana ialah hal yang lumrah, dan ada yang terkesan jahat, padahal ia tentu harus mengutamakan kepentingannya lebih dulu.




Ada yang namanya Craftman mindset, dimana seorang pengrajin berpikir bahwa ia butuh keahlian dan dedikasi untuk menjadi benar-benar ahli. Jadi ia tidak bisa langsung ahli, melainkan melewati proses untuk ahli. Ia tetap berkarya walau tidak diapresiasi. Jika diaplikasikan dalam seorang penulis, ia tidak akan berhenti menulis walaupun tidak ada yang baca.


Kemudian berbicara tentang media sosial, bahwa apa yang dilihat di media sosial belum tentu aslinya sebagus itu. Sebab semua orang punya perjuangan masing-masing untuk membangun rasa bangga dan percaya diri pada apa yang telah dilakukan, apa yang telah dicapai, maka ia mensharenya di media sosial. Ia mengatakan untuk jangan mendengarkan orang-orang yang tidak senang atas apa yang telah kita capai.


Kebahagiaan tidak hanya datang dari pencapaian karier dalam bekerja, kebahagiaan bisa ditemukan ditempat lain. Di rumah dengan orang-orang terkasih, di saat akhir pekan melakukan hobi. Jadi tidak mengapa jika kita menganggap bahwa kerjaan cuma sebatas kerjaan, sebagai sebuah cara agar dapur tetap ngebul, lalu pelan-pelan menabung skill, pengalaman dan jam terbang. Agar bisa cepat mencari dan menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keahlian kita. Passion akan datang sebagai pelengkap pada waktunya. Jadi prioritaskan diri dengan baik. Intinya hati-hati dalam mengejar karir, mengejar arti, dan makna hidup. Bisa jadi itu bukanlah hal yang datang dari dalam dirimu sendiri. Coba pertanyakan lagi di dalam hati dan pikiranmu.




Walaupun buku ini menceritakan tentang dunia kerja, tapi tulisannya tidak terkesan kaku, justru mengalir dan mudah untuk disetujui. Di akhir buku pun tersedia daftar pustaka atau lebih tepatnya daftar bacaan. Jadi ada referensi data dari tulisan di buku ini.


Oh iya ilustrasi dan gambarnya bagus-bagus dibuat oleh @poninipu. Jadi buku ini cocok untuk karyawan yang baru mulai bekerja, agar tidak terkecoh dengan mindset yang salah, bukan berarti apa yang ada di dalam buku ini 100% benar, tapi paling tidak ada hal-hal yang sesuai realita yang bisa ditangkap. Untuk bukunya dapat dilihat di link Tokopedia yang saya berikan. Siapa tahu dapat diskon gratis ongkir, lumayan jadi hemat.


Jika ada kritik, saran, pertanyaan dapat dikirimkan melalui email aldirahman108@gmail.com.

0 Comments:

Posting Komentar

Tolong menggunakan bahasa yang baku dan tanpa singkatan, terima kasih.

 

©Copyright 2011 Suka Narasi | TNB