Mengikuti Event Blind Date With A Book By Kutoo Buku

Selasa, 02 Juli 2024 0 Comments

 



Ketika saya sedang melihat story Instagram ada muncul KutooBuku, acaranya berjudul, "Blind Date With A Book." Acara offline pertamanya mereka, jadi menurut saya pasti banyak orang yang suka baca buku berkumpul disitu. Jadinya bisa ketemu orang baru yang satu hobi dengan saya. Kan nggak enak juga mau berkenalan dengan orang baru, tiba-tiba saya sedang duduk di busway, terus kenalan dengan orang yang duduk di sebelah saya, so weird. Kalau ditempat kerja orangnya itu-itu saja, bertahun-tahun saya nggak kenal orang baru, sepertinya saya butuh acara ini.


Acaranya dilakukan di Etta Bakery & Café di Gading Serpong, dan itu cukup jauh dari tempat saya di Ciledug. Karena saya tidak tahu jalan, akhirnya diantarkan oleh adik saya menggunakan motor. Nanti dijemput lagi sama dia. Walaupun hari Minggu yang mana harusnya menjadi hari yang digunakan untuk beristirahat dan menenangkan diri, jadi saya mesti berkorban untuk mendapatkan experience. Biarpun belum ada ekspektasi acaranya seperti apa, yang penting ikut dulu aja.


Berangkat jam setengah dua belas siang. Panas, setelah berjalan agak lama, sebetulnya nggak berasa, sebab jalannya bagus, akhirnya ketemu juga tempatnya. Di deretan ruko-ruko yang ada disana, dia ada dipaling pojok sebelah kiri. Saya masuk kesana, dibagian bawahnya baik didalam dan luar tempat kayak Café, pas buat ngobrol dan menikmati makanan disitu. Kemudian lantai duanya baru ada panitia dari Kutoo-nya. Tempatnya seperti ruang rapat. Ada Flow dan Widya yang memberikan pernak-pernik, saya dapat stiker dan stabilo. Unik sih ide acaranya, dan saya baru tahu Kutoo Buku dari acara ini.







Awalnya saya agak takut dan cemas ketemu orang baru, nanti gimana ya.. Ternyata nggak semenakutkan yang dibayangkan. Ada dua influencer yang datang di acara ini yaitu @splendidwords dan @mithaefha yang membahas tentang buku di Instagram. Jadi mereka berdua kayak membahas tentang buku, konten dua-duanya saya suka. Yang satu lebih ke isi bukunya, satu lagi tentang isi buku juga tapi relate dengan kehidupan, menurut saya cocok di Spotify.



Jadi di acara ini kita berkumpul dan memilih buku untuk dibaca. Dengan sedikit clue, ada rating Goodreads, temanya apa dan sedikit tentang apa. Satu jam pertama kita membaca bukunya. Kemudian ada sharing session, dan bertanya pada influencer, satu lagi ada dari transitbookstore yang menurut saya orangnya begitu kritis. Disebelah saya duduk, ketemu Liza dan temannya. Saya dapat bukunya berjudul Aerial ditulis oleh Sitta Karina. Novel bertema fantasi, yang saya ingin cari keluar dari genre saya yaitu Self Development dan novel. Jadi novel Aerial ini secara gaya bahasa mirip Tere Liye, walaupun agak klise, tapi eksekusi ceritanya cukup bagus, sepertinya akan saya pinjam dan bawa pulang.








Jadi ini event pertama tentang buku yang saya ikut datang langsung. Secara keseluruhan saya suka. Thanks so much to Kutoo Buku. Panitia dan pesertanya ramah-ramah. Kata adik saya bertemu dengan yang satu spesies, hehe.. Saya tidak langsung pulang, tapi duduk dulu di depan Indomaret, menikmati sunset dan istirahat sejenak. Setelah siap, baru pulang.



Oh iya apa itu Kutoo Buku? Dia itu kayak jasa pinjam buku fisik, bukunya akan dikirim ke rumah, dan nanti dibalikkin lagi. Jadi kita bayar biaya peminjamannya ada jangka waktunya, 7 hari, 14 hari dan sebagainya. Secara taktis pinjam buku lebih murah daripada beli buku, sebab semua kadang tidak harus dimiliki, biarpun kalau beli boleh juga sih.




Misal beli buku 100 ribu, kalau pinjam buku cuma 20 ribu, ada biaya deposit tergantung bukunya. Jadi biaya deposit itu kayak jaminan, kalau bukunya rusak, terlipat, robek, akibat vandalisme dari kita, biaya ini nggak dibalikkin, tapi kalau bukunya baik-baik dan aman-aman saja maka biaya deposit akan dikembalikan. Maka anggap saja nggak ada, karena saya tidak bakal melakukan hal itu, hp saya saja bertahun-tahun masih baik-baik saja, ganti hp kalau sudah benar-benar tidak bisa dipakai lagi, dan buku same important, jadi harusnya sih biaya deposit bukan masalah. Biaya deposit misal 20 ribu, dan nanti akan dikembalikan kalau sudah dikirim kembali ke Kutoo Bukunya lagi. Cara kembalikan bukunya mudah, sudah ada alamat Kutoo distikernya, jadi tinggal menuju ke ekspedisi terdekat, pilih yang termurah, lalu selesai.


Jadi Kutoo Buku ini memang membantu sekali buat saya. Daripada saya baca buku di hp, mata cepat lelah. Sudah kebanyakan pegang handphone masih ditambah baca buku di hp. Lebih baik pinjam buku fisik. Kalau kamu mau lihat katalog buku atau daftar buku apa aja yang bisa dipinjam bisa langsung dilihat di katalog buku. Pengirimannya dari Tangerang, kalau bisa tidak terlalu jauh dari daerah Tangerang agar biayanya tidak terlalu mahal.


Terima kasih sudah membaca, jika ada kritik, saran, pertanyaan dapat dikirimkan melalui email aldirahman108@gmail.com.

0 Comments:

Posting Komentar

Tolong menggunakan bahasa yang baku dan tanpa singkatan, terima kasih.

 

©Copyright 2011 Suka Narasi | TNB