Kenali Diri Sendiri

Jumat, 23 Agustus 2024 0 Comments

 Entah apa sebabnya menjadi terlalu malas, ingin melakukan ini dan itu, terlalu banyak yang ingin dilakukan tapi pada akhirnya hanya berencana. Hanya berkata ingin tapi nihil tindakan. Hanya berucap tapi enggan disiplin dan berkomitmen.

Setelahnya agak lama baru menyesal, kepepet dan terpaksa. Lalu dipaksa untuk berubah. Lalu mencela diri sendiri. Lalu kembali berproses, tapi sambil mengeluh, mengeluhkan keadaan, dan sebagainya. Keluhan yang tak kunjung usai.

Padahal ada waktu untuk mengubahnya. Tapi enggan karena malas. Daripada mengomentari orang yang tidak kita kenal seutuhnya, lebih baik mengomentari diri yang sebetulnya belum dikenal seutuhnya. Karena kalau kenal akan dipilihkan yang terbaik, akan dirawat dengan baik. Kalau kenal diri sendiri, kita akan merawat diri, menyayangi diri kita sendiri.

Kalau kenal, akan tahu apa yang mau dilakukan. Tidak perlu repot-repot berusaha mengenali lagi. Dan tidak perlu bersusah payah mencari jalan pintas. Karena jalan yang dilalui sudah dikenali. Penyesalan tidak mengenai, tidak memahami masalah, tidak tahu apa yang sedang terjadi. Karena kalau kita kenal maka akan menjadi sosok yang lebih baik. Tapi lagi-lagi tidak mau melakukan apapun, yang entah sampai kapan.

0 Comments:

Posting Komentar

Tolong menggunakan bahasa yang baku dan tanpa singkatan, terima kasih.

 

©Copyright 2011 Suka Narasi | TNB