Kerja Keras dan Tahu Caranya

Jumat, 30 Agustus 2024 0 Comments

 Memang benar tidak semua orang punya privilege, keuntungan bawaan dari lahir. Tidak semuanya punya pengetahuan yang seimbang, nggak semua orang tahu. Jadi saya sependapat dengan yang bilang nggak semua orang kerja keras akan berhasil. Betul, sebab banyak yang kerjanya dari pagi sampai malam, tapi hidupnya begitu-begitu saja.

Iya tergantung kemauan dan usaha, tapi hal-hal lain pun bisa menjadi faktor penghambat dalam kehidupannya. Seperti dia yang tidak tahu cara cepatnya. Bisa jadi ada dua kemungkinan, antara dia tidak mau bertanya, dan dia yang tidak mau mencari tahu. Jadi membiarkan dirinya bekerja keras yang entah sampai kapan berakhirnya, hingga menelantarkannya usianya.

Tidak masalah jika ia memang ingin hidup demikian. Yang menjadi masalah ialah jika di dalam prosesnya, bertambahnya usia, ia menyesali setiap hal dalam hidupnya. Ia larut dalam penyesalan dan kebimbangan yang menghantui batinnya. Jauh berada di dasar hatinya ia ingin kembali mengulang beberapa hal pada hidupnya, tapi itu ialah hal yang mustahil.

Jadi bukan hanya kerja keras, tapi tahu caranya. Yang paling mengerikan ialah dia yang tahu caranya lalu bekerja keras, sehingga semakin tak terkejar oleh orang-orang disekelilingnya. Hingga orang-orang pun bingung, kenapa bisa tertinggal jauh. Kalau kerja keras tapi tidak tahu caranya, ia akan berada disitu-situ saja. Mungkin lebih baik dari yang lain. Tapi kalau yang tahu caranya, efektivitasnya bisa meningkat dan melampaui pesaing-pesaing lain. Bukankah dimana-mana terjadi persaingan? Jadi tahu caranya bagaimana, dapat mempercepat tercapainya suatu hal. Yang mana membutuhkan waktu lama, jadi bisa dipercepat tercapainya. Lebih cepat selesainya.


0 Comments:

Posting Komentar

Tolong menggunakan bahasa yang baku dan tanpa singkatan, terima kasih.

 

©Copyright 2011 Suka Narasi | TNB