Melihat Orang yang Sudah Tua

Kamis, 29 Agustus 2024 0 Comments

 Ketika melihat orang yang sudah sangat tua, yang badannya agak sedikit membungkuk. Rambutnya hampir putih semua. Apakah hidupnya bahagia atau tidak? Tidak perlu melihat secara keseluruhan, sekilas saja. Mungkin sama seperti kita, ada yang senang dan ada yang disesalkan. Apakah ia akan melakukan sesuatu hal yang ia takuti?

Dengan melihat orang yang sudah tua, kita dapat belajar banyak hal tentang kehidupan. Dimana penyesalan mereka akan disampaikan dalam bentuk nasihat. Sebetulnya tidak perlu menunggu tua dulu baru sadar akan potensi penyesalan. Bisa jadi mempertanyakan apakah kita hidup ini sudah bahagia atau banyak kebahagiaannya? Apakah ketidaktegasan kita dapat berdampak buruk pada jangka panjang?

Sebab mengiyakan seluruh apa yang orang lain minta, padahal hal tersebut berbeda dengan tujuan kita. Komen yang menjerumuskan pada tujuan yang salah. Komen yang meruntuhkan semangat dan meniadakan optimisme. Lalu kepikiran terus perkataan yang penuh kenegatifan tersebut. Lalu berubah seperti apa yang diminta.

Sayangnya kita enggan menolak. Padahal belum tentu bisa bahagia. Bisa saja jika ditolak akan bahagia juga, merasa tentram dengan hidupnya. Kemudian setelah sekian lama semangatnya menurun. Tidak bisa menahan diri untuk tidak menghabiskan waktu di sosial media dan sebagainya. Padahal penyesalan bisa datang kapanpu.

0 Comments:

Posting Komentar

Tolong menggunakan bahasa yang baku dan tanpa singkatan, terima kasih.

 

©Copyright 2011 Suka Narasi | TNB