Benarkah Gen ZN Tidak Tahu Etika?

Sabtu, 14 September 2024 0 Comments

 Seperti yang kita tahu, Gen Z merupakan generasi yang lahir dalam masa teknologi sudah menjadi keseharian. Jadi mau tidak mau setiap harinya menggunakan berbagai perangkat elektronik, termasuk smartphone. Generasi ZN yang saya maksud ialah generasi Z now, jadi gen z now maksudnya.

Saya merasa bahwa mereka tidak tahu bagaimana mengungkapkan sesuatu dengan menyesuaikan situasi dan kondisi. Mungkin saya juga pernah beberapa kali melakukannya, tapi tidak separah gen z. Seperti mereka yang bicara tanpa saring.  Jadi mereka tidak mengerti kalau itu tidak sopan kalau tidak diberitahu.

Contohnya adik saya yang begitu. Dan juga beberapa anak sekolahan yang saya lihat di busway. Bermain hp sambil mengobrol, lalu berkata-kata kasar kepada temannya. Kemudian saat ada seseorang yang sudah tua berdiri lalu dia berkata, "mau dicarikan tempat duduk hah!" Tanpa ada kata pak, ataupun intonasi yang dijaga, jadi kesannya menurut saya tidak sopan. Jadi saya bilang, "disini saja pak" saya arahkan dia ke tempat saya, di dekat pintu supaya bisa senderan. Karena saat itu penuh sekali. Maksudnya dia baik tapi caranya tidak.

Entah itu karena efek terlalu banyak memakai gawai, sehingga berdampak pada interaksi sosial yang minim. Perlunya belajar mengenai etika, sehingga dapat memahami dan berinteraksi dengan orang lain secara lebih baik, semoga saja.

0 Comments:

Posting Komentar

Tolong menggunakan bahasa yang baku dan tanpa singkatan, terima kasih.

 

©Copyright 2011 Suka Narasi | TNB