Ikut Kelas dan Mentoring Dibutuhkan?

Rabu, 18 September 2024 0 Comments

 Kita lihat saat ini banyak sekali bermunculan kelas-kelas online berbayar, webinar, podcast, mentoring, pelatihan dan sebagainya. Memang banyak yang gratis, tapi tak sedikit pula yang perlu membayar jika ingin lebih ekslusif. Apakah hal itu sebenarnya membantu kita atau tidak?

Tergantung, karena memang ada kelas online yang sebenarnya tak sesuai harga. Bisa jadi ilmunya tidak cocok dengan kita. Atau bisa juga hanya teori-teori tapi tanpa adanya pemahaman. Sebab dalam menyampaikan teori tidak bisa hanya teori saja, dibutukan pengalaman dan pemahaman didalam penyampaiannya.

Lalu apakah pelatihan dan mentoring itu dapat membantu kita? Bisa dibilang sedikit, karena membuat kita lebih tahu. Bisa membuat kita lebih paham. Tapi didalam penerapannya, itu membutuhkan waktu. Dan juga untuk mencari mentor, bukan dengan mentoring, tapi kita yang perlu mencarinya.

Mentor berarti orang yang kita mintakan pendapatnya, pandangannya. Membuat kita tidak salah langkah, bisa juga memberitahu kita apa yang perlu dilakukan. Bukan berarti hanya dituntun saja, tapi dengan diberitahukan hal itu, kita dapat memikirkannya. Sesuatu yang belum terpikirkan oleh kita sebelumnya. Dengan memikirkan kembali, kita mendapat opsi lebih. Dengannya kita dapat membuat keputusan yang paling sesuai dengan diri kita.

Mentor tidak harus berbayar, tapi kita dapat mentraktirnya, memberikannya ilmu kita dengan berdiskusi, dan sebagainya. Jadi ada timbal balik untuk mentor. Sebab mentor pun membutuhkan pengetahuan juga. Sebaiknya kita mengikuti dulu webinar, pelatihan, podcast yang gratis. Dan mempertimbangkan kecocokannya. Baru kemudian memilih yang berbayar jika sudah yakin. Kalau belum yakin, kita yang akan merasa rugi. Sudah bayar segini ternyata belum setimpal dengan pengetahuan ataupun teori yang diberikan. Sehingga kita pun akan menyesal, dan tak mau lagi mempelajari hal tersebut.


0 Comments:

Posting Komentar

Tolong menggunakan bahasa yang baku dan tanpa singkatan, terima kasih.

 

©Copyright 2011 Suka Narasi | TNB