Mengeluh Karena Kecemasan Berlebih

Selasa, 17 September 2024 0 Comments
Siapa yang tidak pernah mengeluh? Saat ekspektasi berbeda dengan kenyataan. Saat hal yang ingin dituju terasa begitu jauh dan melelahkan. Kadangkala ingin berhenti dan menyerah saja. Justru disaat menyerah itulah biasanya lebih banyak mengeluh. Mengeluhkan hal apapun.

Mengeluhkan penderitaan hidup, mengeluhkan hal-hal yang ingin dilakukan tapi tidak dikerjakan, mengeluhkan hal-hal yang berada diluar kendalinya. Mengeluhkan diri sendiri, orang lain, pemerintah. Sepertinya banyak hal yang bisa dikeluhkan, rasanya menyenangkan. Mengeluh seperti refreshing. Disaat memang tak tahu lagi mesti berbuat apa.

Tapi jika menjadi kebiasaan, ini hal yang perlu dikurangi. Sebab mendengar keluhan yang berkepanjangan, dapat menjadikan orang terlalu pesimis. Seakan-akan hidupnya sudah pasti terjerembab. Seakan-akan tidak akan ada yang dapat menolongnya. Seakan-akan dia merupakan orang paling susah diantara yang lain. Hal ini yang perlu dikurangi. Keluhan bukan ajang lomba siapa yang paling sulit hidupnya. Tapi seperti istirahat sejenak, karena memang begitu lelahnya.

Dengan memandang apa yang perlu dilakukan. Mencari tahu apa yang bisa dilakukan. Mencari tahu langkah awal apa yang bisa segera dilakukan. Dan mengurangi keluhan terhadap apapun. Sebab memandangi apapun dapat memicu kembali munculnya keluhan. Semoga dapat terkurangi mengeluhnya.

0 Comments:

Posting Komentar

Tolong menggunakan bahasa yang baku dan tanpa singkatan, terima kasih.

 

©Copyright 2011 Suka Narasi | TNB