Takut yang Menghambat Diri

Senin, 16 September 2024 0 Comments

 Takut respon hal yang wajar jika dihadapkan pada hal yang dapat menimbulkan kecemasan, kengerian, dan membuat diri kita menjadi lebih impulsif daripada biasanya. Ketika kita takut melakukan hal yang tidak kita ketahui misalnya. Tdak tahu apakah hal itu bisa dilakukan, sebab yang sudah tertera dalam pikiran sulit dienyahkan.

Takut akibat ketidaktahuan, takut akibat sesuatu atau hal yang membahayakan. Sebenarnya takut tidak masalah, bisa menjadi alarm diri. Tapi kalau takut itu menghalangi kita untuk bertumbuh. Misal takut mengendarai kendaraan, yang dengannya kita bisa lebih hemat dan cepat sampai ditujuan. Takut belajar hal baru. Takut melakukan kegiatan baru seperti berenang, bersepeda, naik flying fox, arung jeram, yang mana memang bisa berbahaya, tapi ada hal yang dijaga keamanannya juga. Seperti memakai pelindung, ada orang yang menjaganya, dan sebagainya.

Takut pada hal-hal yang tidak perlu inilah yang kadang menghambat. Meski kita tidak bisa langsung menghilangkan, tapi bisa dibuat kebiasaan untuk mengurangi. Hingga pada akhirnya tidak takut lagi. Karena sayang sekali jika tidak bisa bertumbuh pada hal yang ternyata kelak bisa jadi merupakan hal yang cocok dengan diri kita. Sebab kita belum tentu tahu 100% apa yang bisa kita lakukan, apa yang cocok kita lakukan, dan apa yang bisa menjadikan kita lebih ahli. Begitulah, takut kadang diperlukan, dan kadang bisa jadi penghambat, bagaimana kita memandangnya seperti apa.



0 Comments:

Posting Komentar

Tolong menggunakan bahasa yang baku dan tanpa singkatan, terima kasih.

 

©Copyright 2011 Suka Narasi | TNB