Tidak Butuh Bantuan

Minggu, 22 September 2024 0 Comments

 Tidak semua orang bisa kita bantu. Tapi terkadang kita suka sedih. Kita tidak bisa terlibat untuk membantunya. Bukan berarti ikut campur. Tapi kalau tidak dibantu, ia akan sangat kesulitan. Lagipula membantu yang menjadikan ia lebih percaya pada dirinya, bukankah hal itu agak sedikit membahagiakan?

Kita tidak bisa membiarkan begitu saja. Ia menyelesaikan masalahnya. Ia mungkin saja bisa menyelesaikannya sendiri. Bantuan dari kita hanya untuk mempermudah dan mempercepatnya. Siapa yang tidak ingin dimudahkan? Hal itu dapat sedikit mengurangi stresnya.

Bukankah kita juga ingin ditolong, dibantu? Tapi kita menganggap belum butuh bantuan. Menganggap bisa menyelesaikan semua masalah sendirian. Menganggap bantuan kecil itu tak membantu sama sekali. Padahal hal itulah yang dibutuhkan. Lagipula terlihat apakah ia betul butuh bantuan atau tidak? Meskipun sekarang, membantu orang bisa dihancurkan.

Saling membantu merupakan hal yang baik. Jika memang yang dibantu membutuhkannya. Jika ia merasa enggan membutuhkannya, maka hal itu bisa dianggap sebagai tambahan. Kita sendiri menganggap tidak perlu, pada kenyataannya kita membutuhkannya. Jadi bukan apa-apa jika saling membantu. Asalkan betul-betul membutuhkannya.




0 Comments:

Posting Komentar

Tolong menggunakan bahasa yang baku dan tanpa singkatan, terima kasih.

 

©Copyright 2011 Suka Narasi | TNB