Toleransi Beragama Itu Diperlukan

Minggu, 15 September 2024 0 Comments

 Toleransi beragama bukan berarti lantas mengikuti agama orang lain, mengikuti peribadatannya atas dasar toleransi. Dan juga memaksa agar orang pindah agama, kecuali kalau mempengaruhi, hal ini berbeda. Kalau mempengaruhi, keputusan ada ditangan masing-masing.

Agama itu ialah hak bukan kewajiban. Saya setuju kata Rocky Gerung yang terus-menerus lewat di YouTube saya. Jadi agama bisa dipakai bisa tidak, tergantung orangnya. Tentunya kita percaya pada Tuhan Yang Maha Esa. Tapi jalannya dari kita berbeda-beda, demikian pula agamanya. Tujuan agama yaitu itu untuk mengenal diri sendiri, mengenal Tuhan.

Apakah kita bisa sombong jika dibandingkan dengan kekuasaan Tuhan yang sedemikian besarnya? Tentunya kita tidak akan tahu seberapa kecilnya kita jika kita tidak diberitahu. Dan apakah yang diberitahu itu langsung tahu, tentunya tidak, sebab pengetahuan itu diberikan oleh-Nya. Jadi kita merasa lebih tahu, padahal sebenarnya belum tahu apa-apa.

Ketika Paus datang, banyak orang yang ingin melihat. Banyak pemuka agama bersiap datang menyambutnya, termasuk Islam. Imam masjid Istiqlal menyambutnya. Tapi ada pihak yang tidak suka, menyuruhnya turun dari jabatannya sebagai imam. Kritik itu boleh, asalkan bukan dengan niat untuk menjatuhkan, menghancurkan, membinasakan. Sebab kedamaian itu diperlukan. Biasanya sibuk mengkritik orang lain, tapi lupa melihat dirinya sendiri. Bukan tidak boleh mengkritik yang berada dalam jabatan, tapi kritik itu yang rasional bukan berdasarkan hawa nafsu saja, sekian.






0 Comments:

Posting Komentar

Tolong menggunakan bahasa yang baku dan tanpa singkatan, terima kasih.

 

©Copyright 2011 Suka Narasi | TNB