Berbohong Kepada Diri Sendiri

Sabtu, 05 Oktober 2024 0 Comments

 Ketika kita berkata bahwa saya akan mengerjakan tugas hari ini. Apakah memang akan dikerjakan atau ditunda? Saat kita bilang ingin mengikuti suatu pelatihan atau acara yang dapat mengembangkan diri kita, apakah hanya kita lihat saja? Terkadang kita mempunyai terlalu banyak kemauan tanpa tahu bagaimana memilahnya.

Kita terlalu sering terpapar oleh informasi singkat. Yangmana membuat kita mendapat begitu banyak informasi. Pada akhirnya kita hanya melakukan apa yang kita mau, bukan apa yang kita butuhkan. Kita mengatakan bahwa hari Minggu akan berolahraga. Pada kenyataannya kita tidak melakukannya. Hingga akhirnya kita membohongi diri kita sendiri.

Bagaimana kita bisa percaya diri? Percaya pada diri sendiri. Sedangkan kita terus-menerus melewati hal yang kita katakan, hal yang kita janjikan. Kita tidak mampu untuk menahan diri. Kita belum bisa mengontrol diri. Sampai pada waktunya, kita dipaksa untuk mengerjakan, melakukan, melaksanakan, baru kita lakukan.

Ada begitu banyak hal yang bisa kita coba. Tapi kita perlu untuk memprioritaskan apa saja hal yang perlu dilakukan. Sebab kita bisa kelelahan. Kita bisa pusing karena enggan menentukan. Padahal tinggal menentukan saja. Sebabnya kita terlalu takut pada hal yang sebenarnya tidak semenakutkan itu. Pada akhirnya kita perlu mempercayai diri kita, menolong diri kita. Hal itu dimulai dengan jujur pada diri sendiri.

0 Comments:

Posting Komentar

Tolong menggunakan bahasa yang baku dan tanpa singkatan, terima kasih.

 

©Copyright 2011 Suka Narasi | TNB