Berjuang Sendirian

Selasa, 01 Oktober 2024 0 Comments

 Untukmu yang lelah berjuang sendirian. Memang menyedihkan rasanya. Berada di jalan kosong, sendirian. Perasaan bosan, jenuh, kesal, lelah, marah, ditelan sendirian. Engkau ingin mengakhiri kesendirian ini, tapi tak sanggup. Sebab engkau merasa tidak akan ada orang yang berjalan di jalan ini.

Padahal bisa jadi akan ada partner. Dipersimpangan jalan ternyata bertemu. Jadi engkau tak lagi berjuang sendirian. Tapi untuk saat ini, sendirian akan selalu berada didalam hidupmu. Apakah engkau kuat menjalaninya? Entahlah, lagipula kesendirian membuatmu lebih kuat, dan lebih cepat dalam berjalan.

Sendirian membuatmu dapat menerima diri sendiri. Berjuang didalam kesendirian bukan berarti melemahkan, tapi berusaha untuk mulai memperbaiki diri. Yang belum tahu kapan akan benarnya. Sebab terlalu rumit memperbaikinya. Ingin bertanya, tapi bingung prajurit mana yang bisa memberikan saran dan makna untuk berjuang.

Saat engkau berjuang sendirian, akan terlihat bahwa ternyata jalanan yang kosong itu tidak terlalu buruk, justru indah. Keindahan dari kesendirian. Dimana engkau mulai melangkah. Menjemput apa yang perlu engkau temui. Menghadirkan diri dalam kesemayaman. Mengheningkan diri untuk bersembunyi. Bukan karena takut, tapi terlalu lelah berjuang bersama orang lain. Lebih baik berjuang sendiri dulu. Mengetahui apa yang perlu dipersiapkan. Dalam perjuangan dan perjalanan panjang ini.


0 Comments:

Posting Komentar

Tolong menggunakan bahasa yang baku dan tanpa singkatan, terima kasih.

 

©Copyright 2011 Suka Narasi | TNB