Orang Kaya, dan Persaingan Sulit

Rabu, 09 Oktober 2024 0 Comments

 Kenapa orang yang sudah kaya? Sudah tidak perlu mencari uang lagi dengan susah payah. Masih saja ingin mencari uang dengan lebih banyak. Sebab ia tidak ingin lagi diremehkan oleh orang lain. Saya belum pernah menjadi kaya, jadi saya hanya bisa melihat ke sekitar, dan bertanya kenapa bisa begitu.

Orang kaya memang bekerja keras, tapi ada juga mereka yang bekerja keras disepanjang kehidupannya, hidupnya masih dalam perjuangan yang sepertinya tidak akan berakhir sampai ia meninggal. Kenapa yang kaya tidak membagi-bagikan hartanya kepada yang lain? Simpel saja, ia tidak ingin yang lain ada diatasnya. Ia tidak ingin yang lain menjadi kaya juga. Ia tidak ingin yang lain menjadi sukses dan tenteram hidupnya, sebab tidak lagi memikirkan urusan finansial.

Karena ia menyadari, saat susah semua orang menjauhinya. Dan ia baru bisa dihargai saat memiliki harta atau kekuasaan yang didapatkannya dengan bekerja keras. Jadi ia hanya mau membantu, orang yang dulu pernah membantunya saat susah. Kehidupan membentuknya demikian. Jadi ia tidak mau sembarangan membantu orang lain. Hal yang wajar. Tapi menjadi tidak wajar tatkala uang yang didapatkan orang kaya semakin kaya, dan ditimbunnya.

Sementara orang yang hidupnya kesulitan keuangan. Semakin kesulitan karena pemerintah yang kebijakannya seakan mendukung orang kaya. Sehingga kini orang semakin banyak mengeluh, dan membanding-bandingkan kehidupan dulu, serta kehidupan saat ini. Berbeda pada persaingan yang sulit bagi mereka yang kesulitan. Dihadapkan pada persaingan tidak adil, dengan modal dan keahlian yang terlalu jauh perbedaannya. Kalau hanya mengandalkan keberuntungan, bisa saja ia akan dihadapkan pada kenyataan yang menjatuhkannya.


0 Comments:

Posting Komentar

Tolong menggunakan bahasa yang baku dan tanpa singkatan, terima kasih.

 

©Copyright 2011 Suka Narasi | TNB