Penyebab Suka Marah-Marah

Minggu, 13 Oktober 2024 0 Comments

 Kita tahu bahwa ada orang yang suka marah-marah. Kita tidak tahu kenapa ia bisa demikian. Bisa jadi karena masalah yang semakin menumpuk, yang selalu ia pikirkan. Bisa jadi karena ia yang pendapatnya selalu diabaikan. Bisa jadi karena keinginannya selalu dianggap tidak penting.

Pengabaian itulah yang membuatnya marah. Sebab direndahkan. Cuaca yang panas akhir-akhir ini juga tak jarang menyulut emosi. Lagipula marah itu seakan pelepasan emosi yang terpendam. Daripada menumpuk.

Bukan seperti cara orang luar negeri yang ekstrem. Yang boleh membanting piring seenaknya. Atau memukuli dan menghancurkan apapun yang ada disekitarnya. Tapi biasanya dengan kalimat yang membuat pendengarnya emosi juga, disertai kalimat dengan nada yang lebih tinggi. 

Kemudian masalah ekonomi ikut serta. Ekonomi termasuk, karena tak jarang yang uangnya habis, lebih cepat marah. Sudah bekerja dengan tenaga, waktu, pikiran yang habis, ternyata uangnya lenyap. Ditambah fasilitas publik yang jauh dari harapan. Bisa jadi daerah tertinggal padahal uang yang digelontorkan dari pusat, jauh dari kata sedikit. Pengelolaan keuangan yang buruk, dimulai dari pribadi, masyarakat, dan pemerintah. Jadi marah-marah memang banyak penyebabnya, mungkin dari sisi psikologi dan mental juga ada. Tapi cukup sekian tulisan kali ini.

0 Comments:

Posting Komentar

Tolong menggunakan bahasa yang baku dan tanpa singkatan, terima kasih.

 

©Copyright 2011 Suka Narasi | TNB