Tidak Mengerti Jika Tidak Disampaikan

Kamis, 03 Oktober 2024 0 Comments

 Kesalahan saya ialah berpikir bahwa orang lain akan paham dengan sendirinya. Jadi tanpa perlu dikatakan, ia akan paham. Padahal belum tentu. Orang yang sudah dikatakan bisa tidak mengerti, apalagi jika tidak dikatakan?

Bukan berarti tindakan tidak penting. Penting, tapi ada beberapa hal yang perlu dikatakan, agar orang lain tidak salah paham. Sebab jika tidak dikatakan, orang akan menangkapnya berbeda. Tidak bisa kita bilang, pokoknya saya diam saja harusnya kamu ngerti. Tanpa perlu dibilangin. Padahal ia benar-benar belum tahu, dan belum kepikiran akan hal itu.

Kita tidak bisa menyamaratakan semuanya. Semuanya akan memahami tindakan kita. Semuanya akan memahami jika kita diam saja. Orang lain yang harusnya paham dengan kita. Hal itu tidak bisa. Kita tidak akan mampu mengatur persepsi atau hal yang mereka pikirkan 100 persen.

Paling tidak kita bisa mencoba mengatakannya. Meskipun menyakitkan, tapi kita perlu mengatakannya. Sebab ia tidak akan mengerti. Kalau tidak mengerti, kita yang akan lebih stres. Kita perlu untuk mengatakan apa yang kita pikirkan, kita rasakan. Bisa jadi menyinggungnya, tapi jika memang perlu dikatakan, maka sudah sampaikan saja.

0 Comments:

Posting Komentar

Tolong menggunakan bahasa yang baku dan tanpa singkatan, terima kasih.

 

©Copyright 2011 Suka Narasi | TNB