Tidak Semua Keinginan Harus Terpenuhi

Rabu, 02 Oktober 2024 0 Comments

 Ketika kita menginginkan banyak hal. Dalam kenyataannya tidak semuanya harus terpenuhi. Tidak semua hasrat harus dituruti. Dan tidak semua rencana harus dijalankan. Sebab ada batas-batas yang perlu dilihat. Ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan. Bukan berarti harus menjadi raja yang semuanya perlu dikabulkan, bukan berarti menyerupa setan yang harus selalu terpuaskan dalam hal negatif.

Tidak semua keinginan harus terpenuhi. Sebabnya kita berbenturan dengan kenyataan. Mungkin dimasa muda yang penuh dengan idealis kita masih bisa berbayang-bayangan mengenai hal yang ingin dicapai. Tapi pada saat bertambahnya usia, kita akan semakin realis. Kita akan mempertimbangkan dengan lebih lama, dan lebih banyak.

Kita akan mengorbankan sesuatu yang kita sukai. Demi bisa berjalan dengan lancar. Sebab tidak semua keinginan harus dituruti. Ada yang perlu ditahan. Bukan berarti tidak boleh bahagia. Bisa jadi kita terhalang oleh ketakutan. Bisa jadi kita terhalang oleh kebencian. Bisa jadi kita terhalang oleh pikiran kita yang penuh kenegatifan.

Lagipula seorang ibu atau ayah tidak akan sanggup memenuhi setiap keinginan anaknya. Sebab anak punya rasa ingin tahu yang berlebih. Dan tidak semua keinginannya akan dikabulkan. Ia akan belajar bahwa keinginannya belum bisa diraihnya. Mungkin ia akan membalaskan dendamnya saat dewasa. Untuk mencapai keinginan masa kecilnya. Mungkin saja.

0 Comments:

Posting Komentar

Tolong menggunakan bahasa yang baku dan tanpa singkatan, terima kasih.

 

©Copyright 2011 Suka Narasi | TNB